Penerimaan Mahasiswa Baru


Penerimaan mahasiswa baru Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNIMA dilakukan dengan ketentuan seperti tercantum pada Peraturan Akademik Program Pascasarjana UNIMA. Proses dan mekanisme penerimaan mahasiswa baru dapat diakses secara online di http://unima. ac.id. Pelaksanaan Tes Toefl dan Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara diselenggarakan oleh suatu tim seleksi PPs Unima. Hasil seleksi tes didokumentasikan di PPs Unima dan Program Studi. 


Mahasiswa yang diterima di Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, harus memenuhi tiga kriteria utama persyaratan penerimaan mahasiswa, yakni:

  1. Seleksi administrasi:

           a. Persyaratan Akademik, yakni Lulusan S1 dari berbagai Program Studi yang terakreditasi dengan IP kumulatif (IPK) minimal 3,00 (Skala 1-4) yang dibuktikan dari salinan ijazah dan transkrip akademik yang telah dilegalisir

           b. Kemampuan berbahasa Inggris dinyatakan dalam nilai sertifikat TOEFL yang masih berlaku minimal 500 atau setara.

           c. Persyaratan lain:

                - Surat Rekomendasi dari mantan Pembimbing atau Dosen tentang kemampuan akademik, kepribadian dan integritas pelamar (formulir disediakan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado)

                - Surat Ijin dari atasan, bila pelamar bekerja pada institusi pemerintah dan/atau swasta.

                - Mengajukan draf proposal penelitian tesis.

        2.  Seleksi TPA (Tes Potensi Akademik), Seleksi dilakukan oleh Program Pascasarjana UNIMA dengan minimal skor Tes Potensial Akademik (TPA) 450. Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) diselenggarakan oleh TIM di PPs Unima.

        3.  Seleksi wawancara. Apabila sudah memenuhi persyaratan, maka mahasiswa diberi surat panggilan untuk mengikuti tes dan wawancara. Tes wawancara dilakukan oleh suatu Tim Seleksi yang terdiri dari Pengelola Program Studi dan anggota Tim Pembina Akademik Program Studi S2 Manajemen Pendidikan. Ketua Tim adalah Ketua Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNIMA.

             Tes seleksi wawancara meliputi :

              a. Kesiapan dukungan data pekerjaan

              b. Kesiapan dukungan data keluarga

              c. Dukungan sarana

              d. Dukungan pembiayaan